Almost 30 (Path Inside)

Pertama-tama saya harus meminta maaf karena lagi-lagi tidak menyajikan comic strip. Beneran udah bikin kolom-kolomnya tapi rasanya momennya tidak pas dan lagi-lagi saya dalam proses menulis sebuah novel (meskipun mungkin akan ditolak lagi – ya jangan heran, karena saya adalah orang yang ngotot seperti itu). Meskipun diselaputi dengan berbagai ide tumpang tindih dan menyadari bahwa ide perlu diselesaikan satu per satu, saya ingin menyampaikan satu hal penting.

 Hal yang penting itu adalah, seperti komputer yang memiliki “intel inside”, jalan kehidupan manusia pun mirip-mirip yaitu:

“path inside”

path in me

Apa sih pentingnya mengetahui “path inside”? Sangat penting karena bisa membuatmu hemat beberapa ratus ribu yang biasanya dikeluarkan untuk mengikuti seminar motivasi, membeli buku motivasi, membeli buku otobiografi untuk membanding-banding jalan hidup, dan sebagainya. Ya kau bisa menghemat uang dan tenaga dengan mengetahui bahwa tidak pernah sedetik pun dalam hidup ini dirimu tersesat. Semuanya memang sudah dirancangkan di dalam diri sendiri dan jalan kehidupan tiap orang unik.

Ah saya tahu, mungkin terbersit omongan seperti ini:

“Kamu sendiri apa sih, pengangguran, ijazah gak dipakai, juga gak nikah-nikah. Orang yang tidak berprestasi seperti kamu tahu apa sih?”

Ya benar juga, saya ini tahu apa sih? Kamu juga tahu apa sih? Keadaan semua orang itu sama saja sebenarnya. Trik sebenarnya adalah menghimpun informasi sebanyak mungkin dan memilah-milah informasi yang dipertimbangkan benar. Jadi apapun informasi yang diterima, jangan langsung menampik, tapi pikirkan, kembalikan pada kebenaran mutlak, dan renungkan.

Oleh karena itu, saya menyampaikan rahasia mengenai “path inside”. Yang disebut mencari jalan kehidupan itu tidak pernah ada. Bagaimana bisa seseorang mencari jalan ketika dirinya sendirilah si “jalan” itu? Yang perlu dilakukan adalah mendoakan jalan itu memang jalan yang terbaik dunia dan akhirat.

Sebenarnya sederhana. Tapi semua orang tahu, justru hal-hal yang sederhana itulah sulit. Seperti semakin pendek sebuah rumus, semakin luas cakupannya.

-nyaw, “nyaw inside”-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s