Almost 30 (Seni Festival)

Akhir-akhir hujan tidak mau berhenti turun dan beberapa daerah di Indonesia sedang terkan bencana banjir. Di saat hujan, beberapa orang akan ingat banjir, tapi yang kuingat adalah pengalaman saat berjualan di festival. Saat hujan dirasakan sebagai hal yang gawat oleh pedagang yang hanya mengandalkan terpal. Di saat hujan, kalau badan basah sudah tidak peduli, yang penting dagangannya gak ikutan basah.

Ngomong-ngomong tentang hujan, aku jadi ingat dengan mentor berjualanku. Beliau sudah pernah bekerja kantoran dan saat pensiun memutuskan untuk berjualan baju muslim. Beliau berkata dia merasa sangat bahagia menjadi pedangang karena dengan berdagang, beliau tidak akan tahu apakah hari itu dia untung atau rugi. Hal itu membuat perasaan menjadi lebih dekat dengan Tuhan.

Jadi saat hujan, aku ingat dengan pedagang-pedagang yang begitu pasrahnya itu. Setiap hari mereka memaparkan diri dengan harapan mendapatkan nafkah yang tidak pasti jumlahnya. Tapi tanpa menyerah mereka muncul keesokan harinya.

Aku juga teringat dengan seorang Mbak-mbak yang tidak waras yang selalu meramaikan pameran-pameran. Karena dia pintar berjoget dan bernyanyi, dia sering diajak naik panggung. Aku selalu menyesal tidak memberikan salah satu barang daganganku karena meskipun dia kurang waras, dia dengan bersungguh-sungguh berkomentar bahwa barang daganganku bagus-bagus.

Festival-nyaw, semoga masalah berkaitan banjir bisa diselesaikan-

3 thoughts on “Almost 30 (Seni Festival)

  1. I know that woman. She knows how to have fun. And yes, the walk away strategy is he strategy that’s most known to get cheaper price

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s