Almost 30 (Kondom)

Saat ini sedang heboh akibat bus bergambar Jupe seksi yang membagi-bagikan 3 kondom gratis di kampus-kampus dalam rangka memperingati Hari Aids.

Tapi kita tidak akan membicarakan hal serius seperti itu.

Saat ini yang akan kita bicarakan adalah pengalaman dengan hal-hal pertama saat remaja yang mencengangkan dan lucu. Buatku salah satunya adalah kondom. Aku beruntung karena memiliki pengalaman yang sama dengan 2 teman SMU yang sampai saat ini masih suka saling kontak. Buatku pengalaman ini sangat menggelikan karena pada saat itu kami tidak mengira bahwa itu akan menjadi pertemuan pertama dengan kondom. Kami berjumpa dengan kondom pertama kali melalui majalah MTV Trax. Saat kemasan dibuka, kami sangat tercengang dengan bentuk dan cairan lubrikan kondom tersebut. Karena kami adalah anak-anak dengan rasa penasaran yang tinggi, kami sempat mengukur kondom itu segala. Yang agak aku sesali adalah kenapa kami tidak mencoba mengisi kondom itu dengan air dan melihat volume kondom secara nyata.

Kupikir untuk anak-anak lain, mungkin mereka mengetahui kondom dengan caranya sendiri-sendiri. Ada yang beruntung dengan bersekolah di luar negri sehingga memperoleh pendidikan seks. Rasanya aku pernah diceritakan selewat bahwa dia mengetahui tentang kondom dengan cara menyuruh salah satu temannya membeli kondom itu lalu beramai-ramai meneliti kondom tersebut (sedikit mirip dengan pengalamanku).

Aku juga menyertakan cerita mengenai kegunaan kondom bagi teman-teman Jurusan Teknik Sipil. Aku merasa terkesan dengan kegunaan lain kondom ini karena pada saat itu aku berpikir negatif saat mendengar sampah kondom yang berserakan di lab. Tapi setelah temanku melanjutkan ceritanya, aku pun jadi mempertanyakan banyaknya hal yang sebenarnya aku tahu permukaannya saja. Mungkin cukup banyak. Mendengarkan cerita yang setengah-setengah itu benar-benar merugikan karena bisa jadi kita berpikir hal yang tidak semestinya dipikirkan.

Jadi buatku kondom selain adalah suatu alat kesehatan, juga suatu tanda untuk tidak cepat menyimpulkan apapun.

Meskipun sebenarnya di dalam strip ini isinya tentang pengalaman-pengalaman lucu, mungkin ada beberapa orang yang tidak beruntung dan mendapati pengalaman pertamanya dengan kondom tidak menyenangkan bahkan traumatis.

Alangkah baiknya bila semua orang mempunyai pengalaman yang lucu-lucu saja.

Kondom-nyaw, mari membuat kenangan-kenangan lucu!-

2 thoughts on “Almost 30 (Kondom)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s