Lapak Mimpi

Karena saat ini sedang menjadi formulator kosmetik, kerjaannya pas nonton TV gak lepas dari meratiin iklan-iklan kosmetik baru dan lama. Yang paling menarik adalah klaim-klaim lebay sekarang dijinakkan oleh POM (ataukah lembaga konsumen ya?)  seperti klaim “putih merata” dan ditambahkan embel-embel dengan tulisan putih sangat kecil “dengan pemakaian teratur”. Klaim yang paling lucu dijinakkan adalah adegan seorang perempuan berambut berantakan langsung rapi dan lembut setelah memakai sebuah produk tertentu dan diembel-embeli oleh “hanya untuk rambut lurus alami” (ketawa ngakak).

Menonton iklan-iklan itu membuatku berpikir bahwa hanya dengan menjual mimpi saja, seseorang bisa kaya raya. Semua pemain kosmetik di dunia ini meraup keuntungan besar dari penjualan mimpi raksasa. Bahkan aku pernah melihat iklan yang sebegitu jauh menjual mimpinya sampai taglinenya adalah: “She’s engaged, she wears… (nama produk)”. Itu gila bukan? Apakah sah? Tentu saja sah, karena itu adalah bisnis kosmetik. Menjual mimpi atau menjual image bahwa produk dia dapat membantu si pemakai menggapai mimpinya.

Apakah benar sebuah produk kosmetik dapat membantu kita meraih mimpi?

Tergantung cara pemakaian tentunya.

-nyaw, berkecimpung dalam bisnis mimpi sama seperti Disney-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s