Rat Race

Setiap hari minggu, aku mengeluh-ngeluh di rumahku yang dingin dengan makanan yang hangat dibalut selimut tebal kalau hari itu adalah hari yang menyebalkan karena harus menyetir 3 jam ke Tangerang. Untuk apa? Untuk mencari uang yang cukup hanya untuk kembali menyetir berkilo-kilometer kembali ke arah Bandung.

Terus terang, gwa benci banget sama kota Tangerang. Debunya tebel dan item dan udaranya pengaaaapppp banget. Orang-orang nyetirnya udah kayak kebakaran jenggot. Aneh.

Lalu konon katanya keadaan kota Jakarta lebih parah dari Tangerang. Beberapa orang nyebut Jakarta sebagai City of Hell.

Gwa gak tau sih, tapi gwa rasa semua kepengapan kota Jakarta dan Tangerang adalah karena sebuah rat race raksasa. Kayaknya hidup tuh selalu dikejar-kejar sesuatu. Kecepatan waktu di kota ini kok gak seperti di Bandung. Bisa cepet… banget. Kadang-kadang gwa merasa pengen diem aja, hanya untuk tahu seberapa cepatnya sih waktu tuh sebenarnya. Kadang-kadang cuman pengen duduk diam dan nontonin rat race begok yang sedang dilangsungkan.

Selalu akan ada perlombaan gaji paling besar di dunia. Selalu akan ada perlombaan adu cepat nikah. Selalu akan ada perlombaan adu cepat punya anak. Selalu akan ada perlombaan adu “kebahagiaan”.

Intinya, selalu akan ada perlombaan.

Sejujurnya gwa muak… banget sama semua rat race. Terkadang semuanya itu gak penting sama sekali. Karena meskipun pas hari minggu gwa ngeluh-ngeluh harus berangkat ke Tangerang, sub city of Hell, km 5 gwa cuman bisa berpikir, “Gwa gak bisa ngebayangin gwa gak berangkat ke kota Neraka untuk membuat formula-formula aneh.” Lalu semua rat race itu menghilang dengan sendirinya. Melebur jadi ketidakberartian.

Gwa pikir, rat race harus berakhir. Karena pada akhirnya apa yang dilakukan dalam hidup kita sendiri gak ada hubungannya sama apa yang dilakukan orang lain di dalam hidup orang lain itu.

-nyaw, race biasa aja males apalagi rat race…-

 

2 thoughts on “Rat Race

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s