Diam dan Melotot

Akhir-akhir ini sedang merasa terpuruk. Banyak yang ingin dilakukan, tapi terlalu banyak pilihan. Setelah memilih malah jadi tidak berminat. Selain itu, akhir-akhir ini sedang sebal dengan orang-orang yang sibuk ber-Lebaran-ria. Bukan lebaran yang mensucikan diri itu loh, tapi lebaran yang ingin segera bulan puasa ini berakhir. Mendekati akhir bulan, orang-orang semakin cepat kesal.

Kemarin pun mendapat damprat satpam karena gak sopan dan tidak menghargai. Padahal itu hari pertama puasa lagi buatku, jadi rasanya kesal sekali tiba-tiba harus melakukan hal yang bertentangan dengan batin.

Maksudnya, kita memang harus menghormati orang lain, tapi kalau diminta malah nggak akan diberikan.

Jadi yang aku lakukan adalah diam dan melotot.

Aku selalu melakukan itu. Waktu SMP pun aku mendapat masalah karena diam dan melotot pada guru fisikaku karena sebuah masalah sepele. Sepanjang pelajaran dia mengolokku yang diam dan melotot tapi aku tidak melakukan apapun. Aku hanya diam dan melotot. Sepertinya harusnya aku membantah atau membela diri, tapi aku tidak pernah melakukan hal seperti itu saat konfrontasi.

Entahlah, itu kebiasaan aneh.

Mungkin karena mereka bilang aku tidak sopan dan beretika jadinya aku diam. Karena mereka begitu beretika, kenapa tidak sekalian kita belajar bagaimana etika itu dengan memelototi mereka dengan seksama?

Itu tindakan bodoh tentu saja.

Karena seluruh orang yang mengharuskan kita beretika, lebih tidak beretika dari yang mereka pikir. Karena kalau mereka sudah beretika, secara tidak sadar orang yang di hadapannya jadi beretika. Bahkan orang yang tidak tahu hal yang seperti itu akan bilang terus terang lalu terjadi suasana saling menghormati.

Jadi kupikir…,

sopan-santun itu penting.

Kadang-kadang.

Tapi menjadi tulus itu harus.

Selalu.

Meskipun itu artinya secara tulus sangat membenci suatu prilaku atau tidak ingin melakukan sesuatu.

Apa boleh buat, hati ini sudah jujur.

Leave a Reply

