Ibu Sarjana Hidup

Setelah sekian lama tidak menulis, aku kembali menulis. Mulai melapor dari hal-hal kecil yang terjadi di dalam hidup. Salah satunya adalah di belakang namaku sekarang ada embel S.Si (Sarjana Sangat imut :p). Pada saat berpikir bahwa itu adalah awak di mana mungkin terjadi penemuan “lentera hati”, aku hanya berpikir bahwa itu adalah salah satu peristiwa dalam hidup.

Dalam cara yang pedih aku menemukan bahwa mempunyai embel-embel di belakang nama kita tidak berarti sedikitpun kalau tidak bisa menularkan kebahagiaannya.

Dan dengan bertambah panjangnya nama, kerahasiaan dan kesunyian dalam berkata menjadi semakin dalam seperti palung.

Pekerjaan yang disebut sebagai “lentera hati” oleh orang-orang kebanyakan terdengar seperti hal yang tidak penting olehku. Dengan mengetahui tidak pentingnya, entah kenapa panorama meluas. Seperti saat temanku bertanya, “Jadi sudah menemukan lentera hati di jurusan Farmasi?” Aku tersenyum dan menjawab, “Itu hanya kebutuhan.”

Lentera hati yang sesungguhnya, aku rasa tidak berada di sini. Ketika memikirkan tentang pekerjaan, aku merasakan kefanaan luarbiasa ketika menyadari dengan bekerja kita akan merasa puas dengan diri sendiri. Kepuasan selalu diikuti dengan keheranan.

Darimana puas ini? Kenapa saya bekerja? Kenapa saya senang dengan pekerjaan ini?

Jawaban semua pertanyaan selalu berujung kepada Misteri Agung.

Oleh karena itu, aku berpikir bahwa aku ingin bepergian. Aku mau keluar dari negri ini dan bersentuhan dengan kenyataan-kenyataan lain. Seperti salju dan kulit mengering pada musim salju. Atau bau rempah-rempah di antara corak-corak geometris. Atau keringat bercucuran di bawah tiupan angin laut yang asin.

Setelah menjadi sarjana yang imut, aku merasa bahwa aku perlu menjadi sarjana hidup.

Lalu hal lain yang ingin kulakukan adalah menjadi ibu. Ketika memikirkan menjadi ibu, aku merasakan kerinduan. Kurasa aku betul-betul ingin menjadi ibu.

^_^

Bisa tidak ya menjadi sarjana hidup dan menjadi ibu? @_@

Leave a Reply

