Tentang Nada

~Intermezzo nyaw nyaw~

Aku tidak bisa memainkan alat musik satu pun. Tapi meskipun begitu, aku bisa membedakan not “Do Re Mi” kalau lagunya sangat sederhana sekali seperti “Ibu Kita Kartini” (tapi sepertinya itu hanya berdasarkan akal sehat saja bukan karena ada bakat bermusik).

Aku juga tidak menikmati perasaan ditonton ketika memainkan alat musik (gini-gini pernah tergabung Marching Band). Tapi aku sangat menikmati ketika menghilang dari pandangan para penonton dan tergabung menjadi penonton sekaligus pendengar-pendengar itu.

Buatku, dalam bentuk apapun sebuah karya, karya itu harus bisa menyampaikan perasaan si orang di balik karya itu. Tidak terkecuali dengan musik~lagu~bunyi~nada.

Ada beberapa musikus (/musisi) yang aku suka. Aku suka Hans Zimmer, semua karyanya hebat dan bisa membuat merinding karena begitu menyentuh perasaan sampai terkadang ikut sedih atau takut. Aku suka album terakhir Nelly Furtado-Loose karena mengingatkanku pada tarian flamenco yang menceritakan perasaan jatuh cinta pada hidup, di mana kita jatuh lalu bangkit tapi masih tidak berdaya terus bersenang-senang sampai badan renta tapi jiwa semakin muda.

Aku juga suka dengan sarkasme Lilly Allen yang korslet. Dan tentu saja aku selalu suka dengan U2, yang semua lagunya jujur dan apa adanya. Belakangan, aku juga sering sekali mendengar album Amy Winehouse – Back to Black, dan aku suka sekali lagu “Tears dry on their own” karena perasaanku saat patah hati dengan berbagai hal, mirip dengan lagu itu. Kalau adegan patah hati ada soundtrack-nya, itu adalah lagu yang cocok!😀.

Yang lagi didengarkan saat ini adalah Seurieus dan Tohpati, atas rekomendasi Bulat merah.

Kalau mendengar karya-karya musik yang bisa menyampaikan emosi si pembuat, rasanya jadi sedikit iri dan jadi bersemangat untuk berkarya juga😀

Ayo saling menginspirasi!

2 thoughts on “Tentang Nada

Leave a Reply

