Alibi

 Ndak suka orang banyak alasan -_-

 Mungkin aku sendiri sering memberi alasan-alasan menyebalkan tapi aku tidak suka memberi alasan untuk membenci diri sendiri.

 

(:p egois)

 

Tapi emang nyebelin kan? Alibi-alibi itu. Seperti misalnya kejadian Lumpur Sidoarjo, apa coba yang dikatakan pemerintah? Dia bilang kalau masyarakat harus berpasrah diri saja. Yang aku bilang, “ALIBI!” Bilang aja pemerintah nggak mau ikut campur pekara Lu-Si ini -_-. Kejadian lainnya adalah pekara Pornografi. Semua orang bilang itu adalah karena kerusakan moral generasi penerus. Yang aku bilang, “ALIBI!” Alibi generasi yang tidak bisa mendidik generasi itu. Tidak mengajarkan bagaimana caranya melihat, mendengar dan merasa dengan baik. Atau  sebuah contoh sederhana aja, pada saat orang lain menceritakan masa lalunya dan dia melakukan kesalahan, sering kali kalimat, “Maklumlah, anak muda….” atau “Ndak ada manusia yang sempurna.” menjadi buntut cerita itu. Benar-benar ALIBI. Yang mengatakan kalimat itu jan pendengar, bukan si pencerita. Kalau pendengar yang mengatakan kalimat itu, hal seperti itu berkata, “Tapi toh saya di sini buat ngedengerin kamu, jangan dipikirin.” Tapi kalau si pencerita yang mengatakan kalimat itu, bukannya berkesan memaksakan si pendengar untuk memaklumi si pencerita?

 

Beuh. Memaksa kan pembuangan energi. Kenapa harus melakukan hal itu?

 

Oleh karena itu aku berusaha keras untuk tidak membuat alibi seenaknya. Jadi saat seorang pengemis datang meminta uang padaku, dibanding alih-alih berkata pada diri sendiri, “Memberi tidak mendidik.” dengan nada keras tanpa memberikan solusi, aku akan berkata, “Hari ini aku tidak mau menyisihkan sebagian uangku.” Atau ketika aku memberikan saran yang sadis pada temanku, aku akan mempertahankan kebiasaanku untuk berkata pada diri sendiri, “Aku hanya mengangkat cermin. Ini sikap dia yang  kutangkap.”

 

Nah loh?

 

Tapi apa dengan menahan diri untuk membuat alibi, itu artinya aku adalah orang yang terlalu keras pada diri sendiri?

 

Ndak papa deh, masih seru dan masih nyaw nyaw.

 

^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s