Did You?

“Istri itu bukan cantik tidaknya, tapi tentang ngasih rasanya!”
-seorang bapak kepada temanku-

Kalimat ini baru memukulku tadi sore. Benar-benar tadi sore.

“Iya betul!” seruku dengan semangat ‘eureka’.

Eh bukan artinya aku nyari istri ya! Enake. Artinya bahwa saat bersama seseorang, yang penting adalah berbagi rasa. Karena rasa tiu tidak ada harganya. Bisa antara sangat berharga, atau tidak berharga tergantung pada persepsi tiap individu.

Membuatku teringat pada orang yang sangat kusukai dulu. Aku begitu kecewa karena tidak berbalas hingga kukira bahwa itu adalah karena tampangku, karena penampilanku, karena bagaiman aku terlahir. Aku menyalahkan semua hal yang tidak ada hubungannya dengan kekecewaanku. Dalam rasa kepengecutan aku bersembunyi di balik dalih “ketidakcantikan” padahal bukan itu.

Apa yang terjadi saat kau patah hati?

Rasamu tidak terbagi. Simpel. Tidak ada hubungannya dengan seperti apapun dirimu. Pokoknya rasamu tidak terbagi. Titik. Silakan terima kenyataan.

Tentu saja aku memilih untuk menyalahkan “ketidakcantikan” karena itu adalah hal yang paling enak disalahkan.

Bisa kamu bayangkan? Dia menolakmu karena tidak menginginkan rasamu. Titik.

hyyyyyyuuuuuuuuuuuu *angin beku berhembus*

Jadi sekarang aku membuat pilihan baru. Aku memilih kenyataan. Boleh kan?

PS untuk dia yang saat itu penting:
Waktu itu kamu adalah yang paling penting. Terimakasih, karena hanya dengan terlahirnya dirimu, aku pun mendapat rasa darimu.
Sekarang giliranku berbagi rasa

PS untuk diriku sendiri:
Menambah persepsi, menambah kekayaan. Menambah pengetahuan, menambah hidup. Menambah kapasitas hati, menambah rasa.

PS untuk si bulat merah:
Menantikan saatnya muka berhenti berubah merah dan berusaha membuat saat bisa berkomunikasi lancar dan berhenti memerah

Leave a Reply

